Senin, 06 Desember 2010
Jangan Jadikan Penyalahgunaan Fasilitas dalam HP sebagai Alasan Larangan Penggunaan HP di Lingkungan Sekolah
Dalam era modernisasi seperti sekarang ini, alat komunikasi telah bermetamorfosis menjadi sebuah kebutuhan. Mungkin hal itu terasa aneh, akan tetapi perkembangan zaman yang semakin pesat telah menaikkan peran HP (Handphone) dari kebutuhan tersier menjadi sebuah kebutuhan primer. Karena dengan adanya HP orang dapat berkomunikasi dengan orang lain meskipun jarak mereka terlampau jauh. HP juga dimanfaatkan orang tua sebagai media untuk mengontrol anak mereka ketika berada di luar rumah (sekolah).
Sebagai suatu kebutuhan, sangat tidak layak apabila dimunculkan suatu peraturan baik itu bersifat tertulis ataupun lisan untuk melarang penggunaan HP. Apalagi peraturan tersebut notabenenya diperuntukan di lingkungan sekolah. Padahal, di era sekarang ini banyak sekolah yang berbasis teknologi yang seharusnya penggunaan media elektronik dilegalkan.
Ketidaksiapan Siswa dalam Pelaksanaan Program Akselerasi Menjadi Faktor Penghambat Untuk Mencapai Prestasi yang Maksimal
Program Akselerasi adalah program percepatan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki kemampuan luar biasa (unggul) dalam rangka mencapai target kurikulum nasional dengan mempertahankan mutu pendidikan sehingga mencapai hasil yang optimal. Kurikulum program akselerasi menunjuk pada peringkasan program belajar peserta didik sehingga memperoleh konten materi dengan irama yang lebih cepat sesuai dengan kemampuan potensial siswa dalam waktu yang singkat (dipercepat).
Dalam pelaksanaan program akselerasi terdapat beberapa faktor penunjang terlaksananya program akselerasi dan faktor penghambat pelaksanaan program akselerasi. Faktor penunjang pelaksanaan program akselerasi antara lain IQ siswa diatas 130 (superior), kemauan siswa mengikuti program akselerasi, pengadaan guru pengajar yang profesional, serta metode dan media pembelajaran yang variatif dan memadai. Sedangkan faktor-faktor yang dapat menghambat pelaksanaan program akselerasi adalah ketidaksiapan siswa dalam melaksanakan program akselerasi.
Dalam pelaksanaan program akselerasi terdapat beberapa faktor penunjang terlaksananya program akselerasi dan faktor penghambat pelaksanaan program akselerasi. Faktor penunjang pelaksanaan program akselerasi antara lain IQ siswa diatas 130 (superior), kemauan siswa mengikuti program akselerasi, pengadaan guru pengajar yang profesional, serta metode dan media pembelajaran yang variatif dan memadai. Sedangkan faktor-faktor yang dapat menghambat pelaksanaan program akselerasi adalah ketidaksiapan siswa dalam melaksanakan program akselerasi.